Sewa Proyektor JogjaSalah satu kerusakan yang sering dijumpai pada LCD proyektor adalah warna berubah atau tidak dapat menampilkan gambar. Hal ini bisa terjadi dikarenakan penggunaan Proyektor LCD yang terlalu berlebihan, sehingga alat yang satu ini busa saja mengalami permasalahn pada mesinnya.

Berikut ini beberapa penyebab LCD proyektor berubah warna, yaitu :

  1. Konektor Kabel VGA yang Bermasalah

Salah satu penyebab utama dari perubahan warna LCD proyektor adalah konektor VGA yang biasanya mengalami beberapa masalah. Cara mengatasi masalah ini kalian bisa mengganti VGA tersebut dengan yang baru.

Selain pada konektor VGA yang bermasalah, pada kabel konektornya juga bisa mengalami kerusakan seperti kabel yang sudah lama karena termakan usia, kemasukan air, hingga terputus. Oleh karena itu sering-seringlah untuk mengecek kebal yang terhubung pada konektor VGA.

  1. Kerusakan Pada Bagian RGB dan IC Warnanya

Kerusakan pada LCD proyektor juga sering ditemui pada bagian RGB dan IC, yang dimana bagian ini berfungsi untuk menampilkan dan membedakan warna pada gambar yang dihasilkan.

Jika pada kedua bagian ini mengalami kerusakan, maka LCD proyektor bisa mengalami warna menjadi pudar, tulisan yang buram, hingga gambar yang tidak muncul sama sekali.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat mengganti bagian komponen yang bermasalah dengan yang baru yang dijual di took-toko komputer atau elektronik yang menyediakan  barang-barang elektronik lengkap.

Baca Juga : Masalah Yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Proyektor

  1. Terlepasnya Bagian Penting pada Board LCD

Bagi kalian yang sudah pernah atau ingin memperbaiki proyektor sendiri, pastinya kalian harus membuka LCD proyektor yang bermasalah tersebut.

Dibagian ini kalian akan menemukan yang namanya board LCD yang berisi bagian-bagian penting pada proyektor, kalian harus pastikan bagian-bagian tersebut masih lengkap dan memiliki kondisi yang baik.

Namun jika terdapat bagian yang rusak atau terlepas kalian harus segera untuk menggantinya hal tersebut dilakukan agar tidak merusak bagian yang lain pada board LCD.

Setelah mengetahui penyebab serta bagian-bagian LCD yang mengalami kerusakan, maka kalian sudah bisa memulai untuk memperbaiki LCD proyektor tersebut.

Cukup perbaiki komponen-komponen yang memang mengalami kerusakan, dimana komponen proyektor tersebut biasanya mudah dijumpai di berbagai toko elektronik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *