Sewa Proyektor JogjaSama seperti perlengkapan elektronik pada umunya yang bisa mengalami masalah disaat menggunakannya, pada proyektor juga sering terjadi hal yang demikian hanya peda di masalahnya saja. Jika pada smartphone biasanya masalah yang terjadi adalah layar yang retak atau rusak, pada proyektor biasanya mengalami masalah tampilan gambar yang dihasilkan.

Tak jarang masalah yang sering muncul pada proyektor mengakibatkan pekerjaan kita menjadi terhambat, apalagi jika masalah yang muncul pada proyektor tidak bisa ditangani dengan cepat. Berikut ini penulis akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada proyektor.

  1. Yang Ditampilkan Proyektor Tidak Sesuai Dengan Tampilan di Laptop

Masalah pertama yang sering terjadi saat penggunaan proyektor adalah tampilan pada layar laptop tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan oleh proyektor. Terkadang di layar laptop menampilkan wallpaper beserta ikon-ikon yang ada, sementara itu yang tampilkan oleh proyektor hanya wallpapernya saja. Untuk mengatasi hal ini kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Klik kanan pada layar desktop, lalu masuk ke menu Properties.
  • Pilih tab Settings, lalu klik tombol Advanced
  • Pilih tab Graphics Media Accelerator
  • Lalu, jendela aplikasi lainnya akan terbuka, tekan tombol Graphics Properties. Lalu akan muncul halaman untuk memberikan opsi Single Display atau Multiple Display.
  • Pada pilihan Multiple Display pilih menu Dual Display Clone
  • Dengan begitu, layar laptop adalah objek utamanya dan layar proyektor merupakan yang kedua. Tekan tombol Apply dan klik OK untuk menyimpan.
  1. Lampu LED Berkedip Disaat Proyektor Menyala

Untuk masalah seperti yang diatas kalian bisa mengatasinya dengan cara berikut ini :

  • Lampu LED biasanya akan berkedip apabila masa dari lampu proyektor terebut sudah mau habis atau tidak lama lagi. Jadi kalian harus bersiap untuk mengganti lampu pada proyektor tersebut dengan yang baru.
  • Untuk setiap proyektor memiliki masa lampu yang berbeda-beda tergantung dari merek proyektornya. Tetapi kebanyakan masa lampu dari proyektor adalah 1500 sampai dengan 2000 jam. Dan kebanyakan proyektor telah disuguhi dengan fiutr untuk membaca lamanya masa dari lampu proyektor. Jadi ketika lampu LED berkedip kemungkinan besar masa dari lampu proyektor tersebut akan segera habis.

Baca Juga : Mengenal 6 Proyektor Anyar Dari Epson Indonesia

  1. Sinyal Proyektor Tidak Keluar, Mengakibatkan Gambar Tidak Muncul

Masalah yang terakhir yang sering muncul saat menggunakan proyektor adalah hilangnya sinyal. Disini sinyal yang dimaksud bukan seperti sinyal yang ada di perangkat smartphone, melainkan sinyal cahaya yang dikeluarkan oleh proyektor ke layar yang berfungsi untuk menampilkan gambar. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Terlebih dahulu pastikan jika kalian telah memasukkan kabel input pada port yang seharusnya. Karena kebanyakan proyektor memiliki lebih dari satu input seperti, komputer 1, komputer 2, DVD dan sebagainya. Ketika kalian menggunakan input yang salah, maka gambar yang ada tidak akan keluar.
  • Jika cara diatas tidak bekerja, kalian bisa mengecek kabel video yang digunakan, kabel ini biasa dinamakan kabel VGA. Pastikan jika kabel VGA kalian terkoneksi dengan baik dengan port VGA komputer.
  • Jika kalian menggunakan laptop, pastikan kalian menekan tombol FN dan tombol “function (F1-F12)” sesuai dengan laptop masing-masing. tombol “function” ini terletak di bagian atas. Tombol ini berfungsi untuk mengalihkan gambar dari layar LCD laptop anda ke dalam proyektor.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah yang sering terjadi saat menggunakan proyektor. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *